Waspada! Ini Dia Akibat Jika Tidak Membayar Pajak

Bima Sakti Alterra

Pajak merupakan salah satu hal yang wajib dibayarkan oleh warga negara dan juga pemilik perusahaan di bidang apapun. Namun, meskipun begitu masih banyak warga wajib pajak dan pelaku usaha yang mengabaikan hal tersebut dan memilih untuk tidak membayar pajak.

Lalu apa saja akibat dari tidak membayar pajak bagi masyarakat umum dan negara, berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi jika Anda selaku warga dan pemilik perusahaan tidak membayar pajak daerah maupun pajak lainnya.

Negara Akan Mengalami Kerugian

Salah satu hal yang akan terjadi jika Anda tidak membayar pajak maka negara akan mengalami kerugian. Karena saat ini pajak masih menjadi sumber pendapatan untuk negara.

Dengan kondisi tersebut juga membuat keadaan ekonomi suatu negara akan menjadi lebih mudah menurun. Alangkah baiknya jika semua warga negara yang wajib pajak patuh untuk selalu membayar pajak, begitu juga dengan pelaku usaha.

Baca Juga: SSE Pajak Online: Surat Setoran Elektronik Untuk Kemudahan Pajak Anda

Subsidi Dari Pemerintah Berkurang

Saat ini Indonesia masih merupakan salah satu negara yang memberikan banyak subsidi kepada masyarakat umum, baik subsidi dalam bentuk energi maupun non energi. Contohnya adalah bantuan gas LPG, listrik dan jenis bantuan lainnya.

Bantuan tersebut dapat terus berjalan dan diberikan jika masyarakat dan pelaku usaha rajin untuk membayar pajak sesuai dengan aturan yang ada. 

Jika masih banyak masyarakat dan pelaku usaha yang mengabaikan untuk membayar pajak, maka bisa saja subsidi yang selama ini sudah dilakukan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat umum akan diturunkan nominalnya bahkan ditarik, dan hal itu akan jadi menyulitkan warga yang kurang mampu.

Pembangunan Fasilitas Umum Terkendala

Apakah Anda tahu bahwa pembangunan fasilitas umum seperti taman dan fasilitas olahraga bahkan fasilitas umum seperti pelabuhan, bandara, perbaikan jalan dan lain-lainnya itu bisa direalisasikan dengan baik karena aliran pajak berjalan lancar.

Untuk memastikan itu semua berjalan lancar, maka perlu peran pemerintah daerah dalam memantau masyarakat dan perusahaan untuk membayar pajak sesuai dengan aturan yang ada. 

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sebuah sistem pajak terkini. Sistem tersebut berguna untuk merekam dan melakukan penghitungan pajak daerah seperti reklame. 

Baca Juga: 10 Jenis Pajak yang Sering Dicari Secara Online

Menambah Hutang Negara

Pajak adalah sumber kegiatan yang dijalankan oleh pemerintah terhadap masyarakat dan pelaku usaha, jika pajak yang sudah ditentukan tidak dibayar maka akan cukup memberatkan untuk negara.

See also  Laporan Keuangan : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Pajak yang tidak lancar akan berpengaruh pada layanan umum dari pemerintah, bahkan keadaan ini bisa mengakibatkan kondisi hutang negara terus bertambah

Adanya Sanksi Bagi yang Mengabaikan

Selain bisa membuat negara merugi, tidak patuh terhadap pajak juga memberikan kerugian bagi para oknum-oknum tersebut. 

Salah satu hukuman yang akan didapatkan bagi oknum yang tidak melakukan pembayaran pajak adalah kurungan penjara dengan kurun waktu yang sudah ditentukan dan denda administrasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dengan adanya aturan tersebut, maka akan membuat oknum-oknum yang sering lupa untuk membayar pajak mengetahui efek buruknya dan memungkinkan mereka untuk jera dan tidak terus mengulangi hal yang sama.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel