Ini Dia Cara Cek NIP secara Online!

Cara Cek NIP Online

Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), memiliki Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil atau biasa disingkat NIP merupakan hal penting. NIP adalah 18 (delapan belas) digit angka yang menjadi nomor pengenal dan identifikasi individu PNS. NIP akan diberikan pada PNS saat tahap pemberkasan setelah lolos seleksi CPNS. Nomor Induk Pegawai menyatakan informasi profil PNS seperti tanggal lahir, waktu diangkat menjadi PNS, jenis kelamin, hingga pangkat.

Maka dari itu, penting bagi PNS untuk melakukan pengecekan NIP. Kesesuaian NIP penting untuk proses penetapan gaji dan tunjangan serta birokrasi administrasi lainnya. NIP termasuk ke dalam salah satu unit dalam Profil PNS. Saat ini, Anda bisa mengecek Profil PNS secara online melalui dua cara, yakni website dan aplikasi.

Baca juga: Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Langkahnya

Cara Mengecek NIP melalui Website BKN

Website BKN Online merupakan sebuah situs pemerintah yang berisi data kepegawaian, seperti profil PNS dan status pegawai negeri. Cara mengecek NIP secara online melalui website BKN adalah:

  • Buka web browser dan ketikkan tautan atau URL website resmi BKN Online yakni https://ip-jasn.bkn.go.id/
  • Masukkan Nama Pengguna/Usernamemenggunakan NIP baru 18 digit dan Password berupa Nama depan PNS (sebelum spasi pertama) menggunakan huruf kecil. Catatan lain adalah tanda ‘ menjadi ` (contoh: A’tta menjadi A`tta)
  • Setelah login, pengguna akan diarahkan ke halaman dashboard atau beranda.
  • Untuk mengecek profil PNS, pengguna harus mengklik menu “lihat”, lalu akan diarahkan ke profil PNS. 

Cara Cek NIP Online melalui Website e-Monri

Situs e-Monri merupakan situs pemantauan atau monitoring oleh BKN (Badan Kepegawaian Negeri). Situs ini juga dapat digunakan untuk mengecek profil PNS, dengan cara berikut:

  • Buka web browser dan ketikkan tautan atau URL sittus e-Monri https://apps.bkn.go.id/ProfilPNS
  • Masukkan NIP pada text box dan klik code captcha
  • Setelah beberapa saat, profil PNS akan muncul di layar

Baca juga: Menghitung Pajak Penghasilan PPh dan Simulasi

Cara Cek NIP Online melalui Aplikasi MY SAPK BKN

Aplikasi MY SAPK BKN merupakan aplikasi sistem pelayananan kepegawaian yang dibuat BKN (Badan Kepegawaian Negeri). Melalui aplikasi ini, PNS dari berbagai instansi dapat mengases data kepegawaian secara mudah pada telepon genggam. Langkah pengecekan NIP online melalui MY SAPK BKN adalah:

  • Unduh aplikasi MY SAPK BKN terlebih dahulu dari Google Play Store (apabila Anda memiliki gawai Android) atau Apple Store (apabila Anda memiliki perangkat IOS).
  • Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi lalu pilih login atau sign in
  • Masukkan Username menggunakan NIP baru 18 digit dan password. Jika mengalami kesulitan saat login, pilih ‘Klik Disini’ dan opsi ‘Lupa password
  • Apabila sudah berhasil masuk, periksa NIP pada data kepegawaian pribadi dan lakukan Update Data apabila masih ada data yang salah atau belum lengkap
See also  Pentingnya KPI Perusahaan

Melalui ketiga cara di atas, Anda dapat melakukan pengecekan NIP secara online dengan mudah. Jangan lupa untuk mengecek NIP Anda agar memperlancar proses administrasi kepegawaian

Baca juga: Mengenal Performance Appraisal untuk Evaluasi

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel